Nusa Penida Island : Indonesia’s Coolest Paradise

 

nusa-penida-island
Nusa Penida Island Indonesia

Nusa Penida merupakan salah satu pulau kecil yang berada di tenggara pulau Bali, distrik dari Kabupaten Klungkung – Bali. Meski kecil, tetapi Nusa Penida memberikan kontribusi besar bagi pengembangan wisata di daerah Bali.

Nusa Penida sangat terkenal karena spot scuba divenya, air pantai dan lautnya yang benar-benar jernih, juga tebing-tebing dengan pemandangan laut yang berwarna biru. Saya pikir, warna biru yang ada di foto-foto itu adalah rekayasa. Tetapi saya salah! Ternyata memang aslinya benar-benar biru, tidak jauh berbeda dengan yang ada di foto orang. Tak heran, Nusa Penida sangat populer di kalangan scuba divers Indonesia maupun turis asing.

Apa Saja Top Destinations of Nusa Penida?

Banyak sekali yang keren dan terkenal, antara lain : Manta Point, Crystal Bay, Pasih Uwug, Angel’s Billabong, Atuh Beach, Pura Goa Giri Putri, Bukit Teletubbies dan masih ada beberapa spot keren yang belum diketahui banyak orang melalui internet. Saya tidak cukup hafal nama-namanya, tetapi saya mendapatkan tempat itu! Spot menarik yang saya kunjungi yaitu Crystal Bay, Pasih Uwug, Angel’s Billabong, Pura Goa Giri Putri dan 2 hidden places yang saya sendiri tidak tahu namanya. Maafkan lah 😦

nusa penida indonesia

Lagi-lagi karena keterbatasan waktu, saya tidak mampu mengeksplore semua tempat-tempat keren itu karena hanya menginap satu malam. Kalau mau eksplore lengkap, setidaknya traveling kesana 3D2N (3 hari 2 malam). Jangan dikira karena Nusa Penida kecil lantas kita bisa menjangkau semua tempat keren dalam waktu hanya 2 hari. Pengalaman saya, satu hari hanya bisa menjangkau 3 tempat keren…kalau bisa mendapat 4 tempat berarti kalian beruntung hehe. Sebab jarak dari satu tempat ke tempat selanjutnya benar-benar jauh, pegal sendiri di perjalanan. Tapi mungkin tidak akan pegal-pegal kalau kita pakai motor trail yang lebih support untuk askes jalanan disini.

Bagaimana menuju Nusa Penida?

Teman-teman bisa berangkat dari pelabuhan Sanur, yang berada di Jalan Hang Tuah. Datanglah sebelum jam 07.30 pagi, jaga-jaga supaya tidak kehabisan tiket fastboat. Kita bisa menitipkan motor disini apabila akan menginap di Nusa Penida. Tarif penitipan motor hingga saat ini adalah Rp. 10.000 per malam.

Perjalanan dari Sanur menuju Nusa Penida menempuh waktu 60 menit dengan fastboat. Di pelabuhan Sanur, banyak sekali tersedia fastboat dengan harga tiket yang berbeda-beda. Semakin dekat dengan pintu masuk, maka harga tiket yang dijual akan lebih mahal. Jadi, saya berjalan ke arah timur yang stand tiketnya cukup sepi. Saya pakai fastboat Mola-Mola namanya, dengan tarif Rp. 60.000 one way. Ini adalah harga yang paling murah diantara yang lain. Fear not, meskipun murah tetapi aman kok!

locals-people-nusa-penida-bali

Akomodasi di Nusa Penida?

Di sekitar pelabuhan Sampalan ada beberapa penginapan. Berhubung saya dan 2 orang teman saya adalah backpacker, jadi kami tidak menginap di tempat yang bagus dan mahal. Saya mendapat penginapan sederhana dengan harga Rp. 120.000 per kamar sudah termasuk AC, lumayan sharing budget bertiga, hemat! Saya masih menyimpan kontak person nya, bagi teman-teman yang ingin tahu, silakan message saya saja. Saya tidak mau posting disini, nanti dikira promosi lagi..hehe.

Saya menjelajahi Nusa Penida dengan motor sewaan, tidak sulit untuk mendapatkannya. Begitu kita tiba di pelabuhan Sampalan banyak sekali bapak-bapak yang menawarkan jasa ojek maupun sewa motor. Disinilah kita harus pintar menawar harga, dan saya mendapatkan harga sewa motor Rp. 45.000 per hari, tidak termasuk bensin. Itu harga yang paling murah. Karena beberapa dari mereka memberikan harga diatas Rp. 60.000 per hari.

Makanan di Nusa Penida mahal kah?

Iyaa, mahal kalau makannya di cafe atau restaurant 🙂 . Saya memilih makan di warung-warung biasa saja, sekali makan rata-rata Rp. 10.000 – Rp. 20.000 itu rasanya sudah enak. Sedangkan untuk harga beer bervariasi. Saya sempat ke mini cafe untuk minum beer bersama teman, harganya masih masuk akal : 1 botol beer B**tang yang besar Rp. 35.000.

Budget saya selama 2D1N di Nusa Penida yaitu kurang lebih Rp. 450.000 all in. Bagaimana, tertarik untuk ke sini? Segera siapkan ranselmu kawan!

Heavy Rock Backpacking!

backpackeraddict

2 thoughts on “Nusa Penida Island : Indonesia’s Coolest Paradise

  1. Hi bro/sist…ada info rental mobil gak di nusa penida, berapa tarif per harinya? emang jalannya jelek bener yak disana?

    Like

    • waduh gak ada kenalan orang rentalan mobil ane gan, motoran aja lebih cepet soalna.
      beberapa jalan udah di aspal sih,, tapi jalanan yg extreme masih banyak gan hehe

      Like

Terima Kasih Sudah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s