My 2 Days Trip : 6 Pesona Keindahan Nusa Penida!

Tak perlu diragukan lagi, bahwa pesona keindahan Pulau Nusa Penida telah banyak dilirik oleh para traveler Indonesia maupun luar negeri. Hampir semua tempat menarik ini adalah tak jauh dari obyek pantai, tebing dan keindahan laut. Oleh karena itu, Nusa Penida dinobatkan sebagai salah satu lokasi terbaik untuk scuba dive. Nah, bagi kamu pecinta pantai, Bali bukan hanya tentang pantai Kuta yang wajib dikunjungi. Beralihlah ke tenggara Pulau Bali, disana ada Nusa Penida selain Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

1.  Snorkeling di Crystal Bay

Jalan-jalan ke Crystal Bay baru-baru ini, masih di pertengahan bulan Juli 2016. Pantainya terbilang cukup kecil, menyuguhkan pemandangan yang layak untuk dinikmati. Sebagian besar traveler yang datang ke tempat ini adalah turis mancanegara, mereka melakukan snorkeling atau hanya sekedar mandi di pantai. Karena lokasinya berada di Nusa Penida bagian barat, menikmati sunset di Crystal Bay bisa menjadi pilihan yang cocok.

crystal-bay-nusa-penida-bali

Spot ini cocok buat yang suka jeprat-jepret ato selfie, karena yang menjadi daya tarik adalah bukit kecil di tengah laut (barangkali bisa disebut pulau), banyak kapal-kapal nelayan yang mengapung disini dengan warna-warninya. Menurut pemilik cafe disini, kapal-kapal tersebut akan mengantarkan kita ke Manta Point untuk diving dengan tarif Rp. 250.000.

Kalau kamu kesini, cobain juga untuk trekking bentar ke bukit yang ada disebelah kiri pantai ini. Disana akan terlihat sudut lain indahnya Pantai Crystal Bay ini. Sayangnya waktu itu saya tidak naik kesana, akibat cuaca mendung dan sudah mulai gerimis.

2.  Broken Bay/Broken Beach (Pasih Uug)

Keindahan Broken Bay atau Pasih Uug tidak bisa saya ungkapkan dengan banyak kata, yang bisa saya katakan adalah SUPER COOL! KEREN SANGAT!!!

20160716_143957

Beruntung jika kalian memiliki drone yang bisa digunakan untuk mengambil view gambar dari udara, hasilnya sungguh menakjubkan seperti yang ditemukan di google images. Seperti yang terjadi baru-baru ini, drone juga difungsikan untuk sekedar selfie. Tak wajib pakai drone, saya sendiri sudah sangat puas mengabadikan Pasih Uug walaupun hanya dengan kamera hp Samsung. Lol.

3.  Berenang atau Jumping di Angel’s Billabong

PAY ATTENTION!!! DANGER ZONE!!!

Tempat ini seperti kolam mati. Airnya sungguh keterlaluan asin. Batu-batu karang Angel’s Billabong ini sangat tajam, jadi kalian harus hati-hati yaa.

IMG_20160716

angel's-billabong-nusa-penida-indonesia

Well, sebenarnya Angel’s Billabong merupakan obyek yang sangat dilarang untuk dikunjungi karena benar-benar berbahaya, ditandai dengan bendera merah yang dipasang di tempat ini. Penduduk setempat bercerita bahwa beberapa minggu sebelum saya kesini, ada beberapa orang yang hilang terbawa arus ombak dan jasadnya baru ditemukan setalah 3 hari kejadian. Jadi, siapkan nyalimu kawan! Disini tidak ada Baywatch atau semacamnya. Kita tidak pernah tahu, kapan ombak besar itu akan memakan korban yang dilihatnya.

4.  Menikmati sunset di Karang Dawa & Car Temple View Point

Spot ini cocok sekali untuk kalian yang ingin menikmati sunset dari ketinggian tebing dengan hamparan laut nan luas, dan bukit memanjang di bawah yang sangat keren. Kelingking Beach terkenal di Nusa Penida, namun spot di Car Temple ini masih sepi saat saya kesana.

sunset-nusa-penida-bali
sunset nusa penida
hidden-place-indonesia-nusa-penida
kelingking beach

5.  Uniknya pintu masuk PURA GOA GIRI PUTRI

pintu-masuk-goa-giri-putri

Dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida, Pura Goa Giri Putri dapat ditempuh selama kurang lebih 20 menit. Pura ini merupakan destinasi wisata ziarah, tempat yang wajib dikunjungi umat Hindu di Bali ketika hari raya besar. Uniknya, pintu masuk ke goa ini sempit dan hanya bisa dimasuki oleh satu orang. Sebelum memasuki gua, saya menaiki beberapa puluh anak tangga. Siapapun yang berkunjung masuk ke gua wajib mengenakan kamen. Kalau tidak punya kamen jangan khawatir, disini disediakan kok..tapi pinjam yaa, jangan dibawa pulang ^_^

goa-giri-putri

Seperti gua pada umumnya, ketika saya masuk ke goa ini suasanya begitu sunyi dan hawanya cukup membuat berkeringat. Yang berbeda adalah kita akan mencium aroma dupa di goa ini. Akses di dalam goa sangat mudah kita lalui karena datar dan beberapa sudah disemen, juga sudah ada penerangan meskipun tidak seterang cahaya puluhan lampu.

sembahyang-goa-giri-putri

Karena ini merupakan tempat suci, jadi hendaklah menjaga kesopanan saat mengunjungi tempat ini. Terlebih lagi jika sedang ada kegiatan persembahyangan. Di belakang Pura Goa Giri Putri ini, kita disuguhkan pemandangan alam pegunungan nan hijau yang dapat merefreshkan kita kembali seusai di dalam gua.

IMG_20160717_103646218

6.  UNKNOWN BEAUTIFUL PLACES

Dan lokasi yang ada di foto bawah ini, jujur saja saya tidak tahu namanya. Tetapi, lokasinya tidak jauh dari Angel’s Billabong dan Pasih Uug kok, jadi dicapai dengan jalan kaki pun tidak melelahkan. Foto bersama sapi dengan suasana dan latar belakang seperti itu, berasa kaya foto di luar negeri yaa. Lebay. Lol :))

hidden-place-nusa-penida-indonesia

Foto yang ada sapi itu lokasinya sebelum Pasih Uug, ada di sebelah kiri jalan dan sangat mudah ditemukan. Sedangkan yang lain itu letaknya setelah Angel’s Billabong. Kalian bisa eksplore sendiri menyusuri jalanan yang ada. Pokoknya, ke tempat yang jarang didatangi orang itu lebih menyenangkan.

🌊  TRAVELING TIPS NUSA PENIDA

Akses menuju tempat-tempat keren di Nusa Penida ini naik turun bukit dan masih bisa dijangkau dengan mobil. Tapi, saran saya sih lebih baik pakai motor saja, karena jalanan tidak terlalu lebar, terjal, ada turunan jalanan yang sempit tapi sangat curam, beberapa jalan rusak dan dikelilingi jurang, serta jalanan berbatu yang panjangnya beberapa kilometer. Jika dilihat dari map jarak dari tempat yang satu ke tempat selanjutnya itu terlihat dekat, tapi aslinya benar-benar jauh. Kalau orang Jawa bilang “ngalang“. Dengan kondisi jalanan yang demikian adanya, semua badan pegal selama perjalanan. Lain cerita kalau kita pakai motor trail yang lebih support untuk askes jalanan disini, kita tidak akan terlalu merasakan pegal berkepanjangan.

Bagaimana, tertarik untuk ke sini? Segera siapkan ranselmu kawan!

 

the 6 most nusa penida

 

Heavy Rock Backpacking!

backpackeraddict

2 thoughts on “My 2 Days Trip : 6 Pesona Keindahan Nusa Penida!

Terima Kasih Sudah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s