Keagungan Gunung Fuji Dan Danau Kawaguchiko Dari Oishi Park

Semua gara-gara sochu! Saya dibuat bangun kesiangan olehnya. Setan malas bernaung di sebuah ruangan sempit 1,5m x 2.5m, tempat saya melepas lelah ke alam mimpi. Padahal Dhyan, Rara, Om Kamal, Bernhard, Roy, dan Berto sudah berencana bangun pagi-pagi sekali, supaya tidak kesiangan sampai di Danau Kawaguchi untuk melihat keagungan Gunung Fuji. Jalan kaki pun jadi terburu-buru mengejar kereta, yang mana jarak dari hotel ke stasiun cukup jauh bagi orang Indonesia seperti saya yang kemana-mana kebiasaan naik motor. Selama di Jepang, aktivitas jalan kaki menduduki peringkat ke 3. Kita kan hemat, selama masih bisa ditempuh dengan jalan kaki, kenapa harus naik taksi? Beberapa hari awal-awal di Jepang, saya enjoy jalan kaki. Nggak terasa capek juga, karena jalannya sama teman-teman. Betapa asyiknya saat kami di jalanan.

Ini merupakan salah satu pengalaman yang tak terlupakan : mengunjungi Situs Warisan Dunia UNESCO. Bisa melihat pemandangan Gunung Fuji dengan jelas adalah suatu keberuntungan bagi saya. Pasalnya, awan dan kondisi cuaca yang buruk sering menghalangi pandangan Gunung Fuji. Tak hanya itu, saya bisa sekaligus melihat cantiknya Danau Kawaguchiko secara bersamaan.

🗻  FUJISAN (GUNUNG FUJI) DAN DANAU KAWAGUCHIKO

Di sepanjang perjalanan kereta, pemandangan yang indah sekali tertangkap di mata saya. Dari kejauhan terlihat sebuah gunung berwarna biru, berselimutkan salju di pucuknya, dengan bentuk kerucut yang sangat sempurna. Wow…itu Gunung Fuji!!

20160504_121540
Gunung Fuji yang saya foto dari dalam kereta. Abaikan orang-orang itu.

Fujisan, begitulah orang Jepang menyebutnya. Gunung berapi yang aktif, yang tertinggi, dan paling terkenal di Jepang dengan tingginya 3776,24 m. Secara geografis, gunung ini terletak di perbatasan Yamanasi dan Prefektur Shizuoka. Secara spiritual, Fujisan merupakan simbol Jepang yang diagung-agungkan karena bentuk kerucut vulkanik nya yang sempurna. Ia menjadi icon sekaligus inspirasi bagi para seniman selama berabad-abad. Sebagai gunung tertinggi, Gunung Fuji adalah salah satu dari tiga gunung suci di Jepang selain Gunung Haku dan Gunung Tate. Pada tahun 2010 tercatat ada 320.000 orang yang berhasil mencapai puncaknya yang disebut Fujiyama.

Laju kereta semakin lambat, rasanya sudah tidak sabar ingin turun dan menuju ke Danau Kawaguchiko supaya mendapatkan pemandangan Fuji yang lebih dekat. Dari Stasiun Kawaguchiko, kami naik retro bus (Fujikyu Sightseeing-Bus) seharga 480 yen menuju Oishi Park, kira-kira 30 menit perjalanan mengitari danau yang dikelilingi pegunungan.

oishi park kawaguchiko
Yang jadi model si Roy.  Yang dua orang pacaran itu gak kenal. Lol

Danau Kawaguchiko merupakan salah satu danau yang termasuk dalam Fuji Five Lakes di Prefektur Yamanashi, Jepang. Merupakan danau terbesar kedua dengan luas lingkar 19 km dan tergolong sebagai tempat wisata terkenal sehingga banyak turis. Wajar saya, karena mereka mendapatkan dua pemandangan sekaligus : Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.

📷  OISHI PARK dan KAWAGUCHIKO NATURAL LIVING CENTER

Saya memilih viewpoint di Oishi Park, berharap bunga-bunga di taman ini telah bermekaran secantik mungkin. Tapi nyatanya bunga-bunga ini baru sedikit yang mulai bermekaran. Seandainya saya datang di kisaran bulan Juni – Juli, saya pasti bisa menikmati aneka bunga musiman yang bermekaran maksimal di sepanjang 350 meter Oishi Park ini. Kecewa? Sedikit sih. Tapi sudah cukup terobati dengan kondisi langit cerah yang menambah pesona Gunung Fuji.

Waktu itu, banyak angin yang berhembus sehingga mengakibatkan air danau tidak tenang. Akibatnya, Sakasa Fuji pun gagal saya dapatkan. Banyak gagalnya ya! Sakasa Fuji yaitu pemandangan Gunung Fuji yang terpantul di dalam air danau. Jadi, kalau beruntungan, kamu akan mendapatkan dua panorama ciamik. Pertama, Gunung Fuji itu sendiri. Kedua, pantulan Gunung Fuji di Danau Kawaguchiko. Orang Jepang sangat mengaguminya. Saya juga! Apalagi disini GRATIS. Lol.

oishi-park-lake-kawaguchiko
Oishi Park, di area Kawaguchiko Natural Living Center

Oshi Park terletak di Kawaguchiko Natural Living Center, yang merupakan pusat hayati blueberry. Ada ladang lavender dan blueberry. Cantik banget! Selain menyediakan aneka macam produk dan oleh-oleh yang berkaitan dengan blueberry, di sini kamu juga bisa belajar membuat berbagai jenis selai dari ras blueberry seperti rhubarb dan blueberry-raspberry. Cicipi juga aneka jus dan es krim blueberry nya.

2
Kawaguchiko Nature Living Center (belakang)

Menikmati keagungan Gunung Fuji tak hanya dari Oishi Park dan Kawaguchiko Natural Living Center.  Hampir seluruh spot di area danau Kawaguchiko merupakan tujuan wisata yang sangat populer dimana kamu bisa berkemah, selancar angin, trekking ke gunung, menikmati danau dengan kapal pesiar, memancing dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan. Sedih, bete! Saya tidak mendapatkan pemandangan Gunung Fuji yang paling sempurna dengan foreground bunga Sakura dan pagoda/kuil. Kalau kamu mau mendapatkan pemandangan ini, bisa coba viewpoint di Chureito Pagoda, di kota Fujiyoshida. Kalau berada di Yamanashi, beruntung banget, Gunung Fuji bisa dilihat disetiap sudut kota. Pada hari-hari yang cerah, ia dapat terlihat dari Tokyo dan Yokohama.

kawaguchiko-natural-living-center

Cara lain menikmati keindahan Gunung Fuji yaitu berkunjung ke Jepang di paruh pertama bulan November, yang mana kamu akan menikmati cantiknya aneka warna daun di musim gugur.

Akses menuju Danau Kawaguchiko dari Tokyo.

🚌  2 jam dari Tokyo Shinjuku Station ke Kawaguchiko Station pakai Keio and Fujikyu Bus
🚆  70 menit dari Stasiun Tokyo Shinjuku ke Stasiun Otsuki pakai JR Chuo Line
🚆  55 menit dari Stasiun Otsuki ke Kawaguchiko Station pakai Fujikyu Railway Line

 

hachiko
Hachiko? I’m not sure 🙂

 

fujisan-dan-kawaguchiko

 

Heavy Rock Backpacking!

backpackeraddict

2 thoughts on “Keagungan Gunung Fuji Dan Danau Kawaguchiko Dari Oishi Park

  1. Dooohhh kancaku jebolane blogger dan traveler sejati.. wes tekan Jepang hehe.. apik tenan gunung Fuji be pung.. btw kui pake kamera apa ambil e.. kereeeenn banget utk landscape

    Like

Terima Kasih Sudah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s