Main Sebentar ke Pantai Nglambor dan Pantai Mbuluk, Yogyakarta

Saya selalu bersemangat ketika bulan Desember tiba. Bulan dimana saya mendapatkan jatah libur panjang dari kantor selama 2 minggu, yaitu cuti Natal dan Tahun Baru. Nah, menjelang tahun baru Januari 2018 kemarin, saya sempatkan main sebentar ke Pantai Nglambor dan Pantai Mbuluk. Mungkin kedua nama pantai ini tidak setenar Pantai Parangtritis, Pantai Baron, atau Pantai Timang yang konon beberapa tahun belakangan menjadi destinasi wisata hits di Jogja. Sayangnya, sebagian besar pantai-pantai cantik di Jogja ini terletak di kawasan Gunungkidul,

kawasan yang sangat jauh dari pusat kota. Medan yang dilalui pun berkelok-kelok karena kita melewati area pegunungan. Itu artinya, mata kita akan dimanjakan pemandangan hijau nan permai.

SPOT SNORKELING PANTAI NGLAMBOR, GUNUNGKIDUL

pantai-nglambor-jogja-2
Pantai Nglambor, Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Nglambor yang diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Jogan dan Pantai Siung, terletak di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang bisa digunakan untuk aktivitas snorkeling. Dari kota Jogja menuju Pantai Nglambor memiliki jarak sekitar 80 km, dan akan ditempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Tergantung kondisi traffic dan seberapa “ceniningan-nya” kamu naik motor/mobil. (ceniningan : ugal-ugalan).

Baca juga :
Excited! One Day Trip Karangasem Bali Naik Motor Sendirian

Nglambor

Kendaraan mobil dan bus harus stop sampai di parkiran saja, kemudian baru bisa melanjutkan perjalanan menuju bibir pantai dengan jalan kaki maupun ojek. Jarak dari parkiran ke pantai adalah sekitar 600-an meter, sehingga saya memilih jalan kaki saja saat menuju pantai dengan durasi 15-20 menit. Nggak jauh-jauh amat kok, kondisi jalannya udah alus dan kanan kiri dipenuhi pepohonan yang rindang. Lagian kan biar hemat dan sehat. Yaa kan? hehee.

Nah, bagi kamu yang nggak mau buang-buang tenaga, kamu dapat memanfaatkan layanan ojek dengan tarif Rp. 5000 sekali jalan. Jangan ditawar lagi yaa, karena sudah nett! Sedangkan bagi wanita hamil, harus mempertimbangkan kondisi apabila hendak menggunakan jasa ojek. Sebab, ketika saya kembali dari pantai menuju parkiran dengan memanfaatkan jasa ojek, si tukang ojek disini akan melaju kencang dan cukup ugal-ugalan. Bukan satu tukang ojek saja, namun sebagian besar memang ngawur bawa motornya. Jadi saya tepok deh pundak bapak ojek sambil ngomel-ngomel. LOL.

Baca juga :
24 Jam Terbaik Di Jogja:UNESCO World Heritage Sites

pantai-nglambor-jogja-3
Pulau Kura-Kura

Selain snorkeling, aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Nglambor yaitu mandi di pantai, berjalan menyusuri garis pantai yang nggak terlalu panjang, atau bahkan camping. Pulau Kura-Kura yang terletak di bagian selatan pantai Nglambor itu jadi spot instagramable loh. Saat mengamati Pulau Kura-Kura, saya jadi berhalusinasi bahwa itu adalah Pulau Jeju di Korea Selatan. LOL. Sayang, pulau tersebut hanyalah pulau karang yang kecil.

Mau uji adrenalin??? Silakan menyeberang ke Pulau Kura-Kura melalui jembatan gantung diatas terjangan ombak dan disini kamu siap selfie. Tapi hati-hati yaa sama angin yang kadang cukup kencang. Safety first pokoknya!!

pantai-nglambor-jogja-5
Snorkeling di Pantai Nglambor

Tips sebelum snorkeling di Pantai Nglambor

1. Cek kondisi pasang/surut air laut.
2. Bagi yang tidak memiliki peralatan snorkeling, maupun tidak bisa berenang, bisa menyewa disini dengan tarif Rp. 45.000 (per-jam) sudah mendapat fasilitas :
– Mask/google
– Snorkel
– Sepatu (bukan fin/kaki katak)
– Pelampung
– File photo (with GoPro)
– dan Pemandu
Bawa peralatan sendiri lebih hemat.
3. Datang sepagi mungkin kalau ingin mendapatkan suasana yang lebih sepi.

SUNSET ROMANTIS DI PANTAI MBULUK

sunset-pantai-mbuluk-jogja-2
Pantai Mbuluk, Jogja

Saya bisa sampai ke pantai ini sebenarnya karena kebetulan. Jaka dan kelompok band blues nya, Semendelic, mendapat tawaran dari Peter untuk bermain musik semalamam pada malam tahun baru di sebuah villa/cottage milik Peter yang hanya beberapa langkah dari Pantai Mbuluk.

Pantai Mbuluk terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Kukup -tepatnya di sebelah barat Pantai Kukup-, namun kondisi medan untuk menuju pantai ini masih terjal dan berbatu. Meski begitu, Honda Jazz mas Aan tetap tahan debu, kerikil, dan tanah liat. Hajar bleh!

sunset-pantai-mbuluk-beach-1

Saya, Jaka dan teman-teman mencoba menaiki bukit untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Suasana sore yang hangat dan romantis menambah syahdunya view sunset di Pantai Mbuluk. Namun, sempat juga merasakan ketegangan karena angin cukup kencang dan ombak yang besar memecah karang. Karena masih baru, pantai ini lumayan bersih dan sepi lho dibanding dengan pantai Kukup. Jadi cocok banget untuk para pecinta ketenangan.

Baca juga :
My 2 Days Trip : 6 Pesona Keindahan Nusa Penida

pantai-mbuluk-beach-3

Kita juga bisa berjalan sedikit ke arah barat dan akan menemukan mercusuar disana. Menikmati pemandangan diatas mercusuar pasti mengagumkan. Sayangnya saya tidak naik ke mercusuar karena kondisi hari sudah gelap, kami harus segera membawa peralatan musik ke atas bukit, tempat dimana cottage milik Peter berada. Pada saat saya memasuki pantai cantik ini sih masih Gratis! So, buruan deh ke Pantai Mbuluk sebelum ada petugas yang menghadangmu dengan senyuman lebar bahkan garang untuk menagih biaya retribusi.

Itulah sekilas catatan perjalanan sebentar ke Pantai Nglambor dan Pantai Mbuluk di Jogja. Kalau teman-teman, udah ada yang pernah kesini belum?

#mainsebentar #explorejogja #pantaijogja #pantainglambor #pantaimbuluk

Heavy Rock Backpacking!

backpacker-addict-travel-blog-indonesia

Author: BackpackerAddict | Miki

backpacker β€’ travel blogger Indonesia β€’ video editor β€’ personal travel photographer

6 thoughts

  1. Keren banget!

    Paling suka kalau nemu pantai, terus ada bukit yang bisa jadi tempat menikmati pantai dari atas, pemandangan jadi lebih luas.

    Terus itu sepatu untuk snorkeling, kalau bentuknya bukan kaki katak, kayak apa bang?

    Like

Terima Kasih Sudah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s