Mencicipi 6 Kuliner Maknyus di Banyuwangi

Sempat ada rasa geram ketika saya berada di suatu tempat baru, tapi nggak bisa plesiran alias piknik. Seperti waktu awal Maret 2018 kemarin ada tugas negara di Banyuwangi. Pengennya mau extend sehari dua hari, atau minimal ada waktu luang tiap harinya, supaya bisa melipir ke Ijen, Hutan Djawatan, Taman Nasional Baluran, dan masih banyak lagi tempat wisata Banyuwangi kekinian. Ahh…nyatanya semua itu hanya impian belaka. Saya sama sekali nggak punya waktu untuk jalan-jalan. Pagi harus berangkat bertugas, dan pulang ke hotel udah malam. Eh, tapi untungnya saya sih bisa mencicipi 6 kuliner maknyus di Banyuwangi, tentu saja dengan harga yang masih murah meriah. Pokoknya aku cinta masakan Indonesia.

Kebetulan kemarin tugas negara bareng mbak Cici, seorang teman kantor cabang Jakarta yang pernah tinggal cukup lama di Banyuwangi. Jadi, saya pun diajak makan ke tempat-tempat yang konon terkenal banget enaknya dari jaman dulu. Nah, tempat kuliner dibawah ini bisa jadi bahan referensi buat teman-teman yang punya rencana untuk jalan-jalan ke Banyuwangi.

1. RUJAK SOTO “BALUK” BU ISLAMIYAH

Kuliner paling terkenal dari Banyuwangi yaa rujak soto. Pertama kali nama rujak soto disebut-sebut, saya sebetulnya sedikit geli yaa. Mbak Cici dan Mas Herdy semangat banget ngajak saya kulineran rujak soto disini. Meski geli dengan sebutannya, tapi bukan BackpackerAddict kalau nggak berani coba makanan baru. LOL.

Yess, salah satu rujak soto yang terkenal enak adalah Rujak Soto “Baluk” Bu Islamiyah. Warungnya kecil, namun ramai pembeli. Saking ramainya saya sampai lupa foto.

Siang itu saya memesan rujak soto super pedas. Level pedas bisa by request. Si mbak mulai meng-uleg bumbu kacang lalu mencampurnya dengan sayuran, layaknya lotek. Kemudian dimasukkan ke dalam mangkok besar. Dilanjutkan dengan memotong daging sapi, menaburi daun bawang, sledri, bawang goreng, kemudian disiram dengan kuah soto, dan diberi pelengkap emping goreng. Owalah, saya pikir rujak buah dicampur dengan soto. LOL.

rujak-soto-terkenal-enak-di-banyuwangi

Begitu hidangan rujak soto di depan mata, sayapun membaca mantra-mantra terlebih dahulu sebelum memakannya. Tampilan awal rujak soto ini seperti soto daging pada umumnya. Begitu saya oprek-oprek dengan sendok, sayur hijau berbumbu kacang pun tercampur menjadi satu bersama kuah dan daging, sehingga kuahnya begitu kental. Hampir mirip seperti soto sokaraja yang menggunakan sambal kacang. Hanya saja, soto sokaraja tidak berisi sayur lotek.

Seperti apa sih rasa rujak soto?

Rasanya nggak jauh dari cita rasa soto yang dicampur sambal pecel/sambal kacang. Unik sih yaa. Cuma, menurut saya…rasanya kurang nendang, sedikit hambar, dan tidak super pedas seperti perkiraan saya. Oh yaa, rujak soto ini ada yang berisi daging, iso, dan babat. Dan ada pilihan ketupat. Semuanya halal, karena menggunakan daging sapi. Tergantung selera masing-masing yaa. Kalau saya sih pilih daging saja, dan tanpa ketupat. Sebab porsinya sudah banyak!

2. RUJAK GOBET

Masih di warung Bu Islamiyah. Nah, kalau rujak gobet ini, bahannya adalah buah-buahan yang umumnya dipakai untuk bahan rujak, seperti mentimun, bengkoang, nanas, jambu air, kedondong, dan ubi berwarna orange. Buah-buah tadi diparut atau dipotong kecil-kecil. Untuk bumbu sih sama seperti rujak buah yaitu cabai rawit, garam, kencur, terasi, asam jawa dan tambahan kacang tanah yang dihaluskan.

rujak-gobet-banyuwangi

Bedanya, rujak gobet ini nggak pakai gula jawa, tapi gula pasir dan juga menggunakan cuka. Kuahnya pun berlimpah. Rasanya nano-nano alias asam, asin, pedas, manis. Saya sih suka soalnya seger banget, apalagi ditambah dengan es batu atau dimasukkan terlebih dahulu ke kulkas. Yummyy..!

Rujak Soto “Baluk” dan Rujak Gobet Bu Islamiyah
Alamat : Jl. Airlangga 62, Kebalenan, Banyuwangi
Buka : 11.00 – 17.00
Harga (Maret 2018) : Rujak Soto Rp. 20.000 | Rujak Gobet Rp. 7000

3. NASI PECEL BU TIN

Saya sampai dua kali lho beli nasi pecel Bu Tin di hari yang berbeda, meskipun harus ngantri lagi. Nah, bisa bayangin kan gimana enaknya nasi pecel ini. LOL. Yang unik dari nasi pecel Bu Tin atau bahkan nasi pecel Banyuwangi pada umumnya, yaitu ada rebung di dalamnya. Baru kali ini saya nemu nasi pecel berisi rebung selain sayur pecel kebanyakan, dan tahu kuah santan.

nasi-pecel-madiun-terkenal-di-banyuwangi

Di warung Nasi Pecel Bu Tin kita bisa menambahkan lauk ayam goreng, telur dadar, telur mata sapi, telur semur, sate jeroan ayam, ayam kuah santan, perkedel, dan masih ada lauk lainnya. Rasa bumbu pecelnya spesial banget, apalagi alas makan yang digunakan berupa daun pisang dengan cara ‘dipincuk‘ dengan ukuran jumbo. Paling seneng kalau makan pakai daun pisang, aroma nasinya tuh bener-bener kaya nasi a la pedesaan.

Pecel “BU TIN”
Alamat : Jl. Kapten Pierre Tandean, Karangrejo, Banyuwangi, Jawa Timur 68411
Buka : 06.00 – 17.00 (sampai habis)
Harga (Maret 2018) : mulai dari Rp. 10.000 (tergantung lauk)

4. PECEL RAWON “RM. PECEL AYU”

pecel-rawon-terenak-di-Banyuwangi

Makanan ini juga unik namanya ketika pertama kali saya dengar. Namun, bayangan saya juga nggak jauh dari penampakan aslinya, meskipun saat itu masih cukup sulit membayangkan rasanya. Namun, bagi masyakarakat Banyuwangi, menu pecel rawon sudah mendarah daging di tubuh mereka. Pecel Rawon yaitu perpaduan dua jenis makanan yang maknyus, antara nasi rawon dan sayur pecel.

Sebetulnya pecel rawon mudah sekali ditemukan, bahkan di pedagang-pedangan kaki lima di Banyuwangi. Namun, pecel rawon ini sengaja saya cicipi di sebuah warung makan yang sudah terkenal akan pecel rawon nya sejak tahun delapan puluhan, namanya Rumah Makan Pecel Ayu. Apa sih yang membuat hidangan di warung ini terkenal? Rasa kuah rawon dan sambel pecelnya lah yang menjadi keistimewaan dari Rumah Makan Pecel Ayu, sebab sambal pecelnya diracik sendiri, dan rawonnya tidak menggunakan daging berlemak.

Seporsi pecel rawon yang saya santap ini dihidangkan lengkap dengan menu lauk-pauknya. Di dalam piring berisi sayur pecel, ditambah kuah rawon, udang goreng, empal sapi, dendeng ragi, paru goreng kering, tempe bacem dan rempeyek kacang. Wuaah..pecel rawon ini recommended banget. Hingga saya membuat tulisan blog ini, saya masih terngiang-ngiang pecel rawon.

Meski pecel rawon sangat cocok disantap sebagai menu sarapan, namun menikmati pecel rawon di siang hari maupun sore hari tetap saja enak.

RM. Pecel Ayu
Alamat : Jl. Adi Sucipto no. 65, Banyuwangi 68418
Buka : 07.00 – 22.00
Harga (Maret 2018) : Rp. 12.000 – 15.000

5. IKAN BAKAR WARUNG BIRU

Baru pertama kali ini saya bisa sungguh-sungguh menikmati hidangan ikan bakar. Bukannya sok, tapi karena di rumah punya kolam yang isinya ratusan ikan, dan dari kecil sering banget dimasakin ikan, jadinya bosen sama hidangan ikan. Ikan bakar yang saya santap di Warung Biru memiliki bumbu bakar yang berbeda, enaaakk bangett! Nggak seperti bumbu ikan bakar kebanyakan. Harganya lumayan juga untuk ukuran ikan segini (seperti di foto). Tapi, cukup banget untuk dimakan berdua sama mbak Cici. Maknyus banget ditambah sambal mentah (sambal tempong), sampai kami 3 kali nambah sambalnya. LOL.

warung-biru-seafood-banyuwangi

Walaupun Warung Biru hanya sebuah warung seafood yang jauh dari image ‘restoran mewah’, namun cita rasanya seperti kalau kita makan di restoran. Selain menyajikan ikan bakar, ada menu ayam goreng, bebek goreng, cumi goreng, udang, jeroan goreng, tumis daun pepaya, dan sayur asam. Saya suka banget sama sayur asamnya…unik, ada tambahan mentimun dan daun kangkung di dalamnya. Sejatinya sayur asam yang saya temui, biasanya berisi labu siam (jipang) , kacang panjang, kacang tanah, dan jagung…tanpa ada mentimun dan kangkung hihihi. But, sayur asam di Warung Biru tetap saya suka, menjadi penyanding hidangan ikan bakar nya.

Warung Biru
Alamat : Jl. Kapten Pierre Tandean, Karangrejo, Banyuwangi, Jawa Timur 68411 (dekat Hotel Selamet)
Buka : 09.00 – 23.00

 

6. BANYUWANGI SAVANA CAKE (VARIAN DURIAN)

banyuwangi-savana-cake

Ini nih, camilan sekaligus oleh-oleh yang lagi nge-hits di Banyuwangi. Adalah cake berbahan dasar pisang yang lembut dengan cream durian ini menjadi varian favorit saya. Savana Cake cocok sekali dijadikan teman ngeteh, ngopi, maupun nyusu. Dalam sekejap, Savana Cake varian durian habis dilahap teman-teman kantor ketika saya pulang dari tugas negara. LOL.

Bagi yang phobia dengan durian, no worries! Savana Cake menyediakan banyak varian lain dengan toping serupa destinasi wisata di Banyuwangi seperti Savana Red Island (rasa strawberry), Savana Green Bay (rasa macha/green tea), Savana Blue Fire (rasa bubblegum), Savana Sunrise of Java (rasa keju), dan Savana Wedi Ireng (rasa cokelat). Oh yaa, dulu…Banyuwangi terkenal dengan sebutan kota pisang, barangkali cake ini berangkat dari sejarah tersebut yaa?

BANYUWANGI SAVANA CAKE
Alamat : Jl. Letjen S Parman No.26, Sumberrejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419
Buka : 07.00 – 22.00
Harga (Maret 2018) : Rp. 55.000 per box

*  *  *

Itulah 6 kuliner maknyus dari Banyuwangi yang sudah saya icipin, dan dianggap sebagai kuliner wajib. Sekarang jangan ada alasan ‘nggak tau mau makan apa’ saat sedang jalan-jalan ke Banyuwangi. Gimana, sudah siapkah perut teman-teman untuk menampung semuanya? Atau sudah ada yang pernah mencicipi ke enam makanan murah diatas?

Heavy Rock Backpacking!

backpacker-addict-travel-blog-indonesia

Author: BackpackerAddict

backpacker • travel blogger Indonesia • video editor • personal travel photographer

6 thoughts

  1. Duhhh semua kulinernya bikin ngiler ihh..
    unik2..
    apalagi itu ikan bakarnya. Endeuss banget!!!

    Like

  2. Di Banyuwangi memang banyak makanan enak. Waktu ke sana beberapa bulan lalu, aku juga terpikat pada rujak soto. Rasanya khas banget. Tapi makannya di Ijen Isun 🙂

    Like

Terima Kasih Sudah Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s