Asia Singapore Traveling

Tan Teng Niah, Sebuah Landmark Bernuansa Psychedelic di Little India, Singapore

Tan Teng Niah Landmark di Little India Singapore - backpacker addict

Hi manteman! Buat kamu yang lagi riset persiapan ke Singapore, ada yang pernah dengar Tan Teng Niah belum? Tan Teng Niah adalah sebuah landmark bernuansa warna psychedelic di Little India, Singapore. Menjadi spot fotografi di kawasan Little India yang paling banyak diminati wisatawan. Yakin nih nggak pengen masukin Tan Teng Niah ke dalam list traveling kamu tahun ini?

Ah, planning mau jalan jam 06.30 harus gagal. Gara-gara satu malam sebelumnya saya stress mencari penginapan murah di Little India. Bangun jadi kesiangan. Bukan karena saya tidak punya persiapan sebelumnya. Tetapi, semua itu terjadi akibat insiden canceled flight Air Asia dari Denpasar ke Singapore selama dua kali berturut-turut. Apes!

Pukul 07.30 waktu bagian Rochor diguyur gerimis. Saat saya menapaki sepanjang jalan di kawasan Little India, susah untuk melewatkan atmosfer India nya. Yaa memang, Little India merupakan kawasan bercita rasa seni dan penuh dengan warna.

Ciri khas Little India menjadi bagian unik dari Singapura. Termasuk adanya hiasan-hiasan khas India, aroma dupa dan karangan bunga segar yang baru diikat dan digantungkan di sepanjang Buffalo Road (Jalan Kerbau). Saya menemukan semua keunikan ini di sekitar Tekka Market (Pasar Tekka).

Nah, di sekitar area ini terdapat sebuah bangunan unik. Ia telah mencuri hati saya sejak masih dalam tahap riset persiapan ke Singapore. Namanya House of Tan Teng Niah. Dan Tan Teng Niah disebut sebagai landmark nya Little India, Singapore.

Tan Teng Niah Little India Singapore backpackeraddict.com
House of Tan Teng Niah

Bangunan ini adalah hasil perkawinan perpaduan antara arsitektur Cina Selatan dan Eropa. Desain arsitektur House of Tan Teng Niah yang penuh warna psychedelic ini seperti mantra. Mampu menyihir saya dan siapapun yang melintas di sepanjang Buffalo Road.

Tan Teng Niah Little India Singapore backpackeraddict.com

Nggak cuma itu. Tan Teng Niah menjadi spot fotografi yang paling banyak diminati di area Buffalo Road, termasuk saya. Setelah puas berfoto, kita juga bisa beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman di cafe yang terletak di halaman depan.

Sejarah Singkat

Daritadi ngomongin bangunan. Kira-kira gimana sejarah House of Tan Teng Niah yang penuh warna ini?

Yess! Tan Teng Niah adalah nama salah satu pengusaha asal Tionghoa yang terkemuka di Little India. Tuan Tan memiliki banyak pabrik penganan di Jalan Serangoon dan rumah asap karet di Buffalo Road di abad 20-an.

Pada tahun 1900, tuan Tan membangun villa 8 kamar yang dirancang dengan halaman, atap genteng terbuat dari bambu, dan pintu ayun (dalam bahasa Melayu juga dikenal sebagai pintu ayun). Villa ini merupakan hadiah dari tuan Tan untuk isterinya.

Tan Teng Niah Little India Singapore backpackeraddict.com

Dahulu, cat dinding bangunan House of Tan Teng Niah  masih berwarna putih dan atap berwarna hijau. Kemudian tahun 1980-an bangunan ini dipulihkan, dan aksen warna-warni baru ditambahkan pada periode berikutnya.

Foto diatas adalah dokumentasi bangunan lama dari House of Tan Teng Niah.

Menurut situs roots.sg, perbaikan bangunan ini meraih Penghargaan Institut Arsitek Singapura atau Singapore Institute of Architects Mention Award pada tahun 1991.

House of Tan Teng Niah menjadi salah satu villa China terakhir yang masih bertahan di Little India. Dan kini disewakan untuk kepentingan komersial.

Cara Mudah Menuju House of Tan Teng Niah

Lokasi bangunan ini letaknya tak jauh dari Tekka Market, Little India. Atau sekitar 3-4 menit kalau jalan kaki dari Little India MRT. Hanya saja, kita perlu menyusuri ke dalam gitu, seperti jalan perkomplekan.

Untuk urusan kemana-mana saat liburan ke Singapore, saya paling merekomendasikan MRT (Mass Rapid Transit) . Dengan memanfaatkan moda transportasi MRT, menurut saya lebih efisien dari segi waktu. Bahkan biaya.
Kita bisa menggunakan salah satu dari dua pilihan ini (tergantung lokasimu), yaitu :

  1. Downtown Line

    Gunakan jalur Downtown Line (berwarna biru), dan turun di Little India MRT Station (DT12). Keluar melalui Exit E. Berjalan ke arah Timur Laut melalui Buffalo Road (Jalan Kerbau).

  2. North East Line

    Gunakan jalur North East Line (berwarna ungu). Turun di Little India MRT Station (NE7). Keluar melalui Exit E. Berjalan ke arah Timur Laut melalui Buffalo Road (Jalan Kerbau).

Gimana, bingung dengan cara menuju kesana? Nggak usah bingung, manfaatkan aja google maps yaa.

 

Heavy Rock Backpacking!

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan